Pada
waktu kendaraan berhenti. Apabla tenaga mesin yang sangat besar dan
sedang berputar di pindahkan ke roda-roda penggerak maka kendaraan akan
melompat sebaliknya mesin akan mati jika tenaga mesin terlalu kecil oleh
sebab itu, agar pemindahan tenaga dari mesin ke roda penggerak langsung
dengan lembut di perlukan suatu alat yang di sebut kopling, kopling
merupakan salah satu komponen pemindah tenaga yang mutlak di perlukan
pada kendaraan bermotor yang di tempatkan di antara mesin dan transmisi.
Kopling berfungsi untuk :
a. Memutus dan mengubungkan putaran mesin ke transmisi
a. Memutus dan mengubungkan putaran mesin ke transmisi
b.Memperlembut pemindahan roda gigi pada transmisi
c.Memperlembut gerakan awal jalannya kendaraan
MACAM-MACAM KOPLING
Secara garis besar kopling dapat di bedakan sbb :
1. Kopling magnet
2. Kopling fluida
3. Kopling sentrifugal
4. Kopling gesek
a.model plat à basah dan kering
b.model kerucut
KONSTRUKSI KOPLING
Jenis
kopling plat tunggal kering banyak di gunakan pada mobil. Jika di lihat
dari pegas yang di pakai dapat di bedakan menjadi 2 yaitu :
1) Kopling dengan pegas koil
2) Kopling dengan pegas diafragma
Kopling mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :
1) Plat kopling
Terbuat
dari asbes ferodo yang tahan panas dan tahan aus. Plat kopling ini di
tempatkan di antara roda penerus dengan plat penekan. Pada plat kopling
juga di lengkapi dengan pegas torsi yang berguna untuk meredam getaran
pada saat terjadi hubungan antara roda penerus dan plat penekan.
2) Plat penekan ( pressure plate )
Berfungsi
untuk menekan plat kopling terhadap roda penerus plat penekan ini
terbuat dari besi tuang spesial yang tahan terhadap panas dan keausan
permukaan plat penekan harus slalu rata agar Penekannannya kuat.
3) Bantalan pembebasan ( release bearing )
Bantalan
pembebas ni dapat bergerak maju mundur di dalam rumah kopling sehingga
mengakibatkan plat penekan dapat memutus dan menghubungkan plat kopling
dengan roda penerus
4) Pegas ( spring )
Baik
pegas koil maupun pegas diapragma berguna untuk menekan plat kopling.
Koling pegas diafragma mempunyai banyak keuntungan di bandingkan dengan
pegas coil.
Oleh karena itutype kopling pegas diafragma banyak di pakai pada kendaraan ber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar